Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

  • Pendahuluan

    Terima kasih atas kunjungan Anda ke website Kami, www.trac.astra.co.id. Kami berharap Anda merasa nyaman dalam mengakses dan menggunakan seluruh Layanan yang tersedia di website Kami. Kami terus berupaya memperbaiki dan meningkatan mutu pelayanan Kami, dan sangat menghargai segala saran dan masukan Anda. Silakan menyampaikannya kepada Kami melalui nomor 1500 009 atau WA 0899 9500 009.

    Website ini dimiliki, dioperasikan, dan diselenggarakan oleh TRAC (“Kami”), yang telah memberikan Layanan penyewaan kendaraan dan solusi transportasi sejak 1986 (“Layanan”). Layanan Kami tersedia secara online melalui website www.trac.astra.co.id (“website” atau “Situs TRAC”) atau melalui berbagai akses berbasis internet via media, perangkat dan platform lainnya, baik yang sudah atau akan tersedia dikemudian hari. Selain itu, Anda juga dapat mengakses Layanan TRAC secara langsung di cabang TRAC yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

    Dengan mengakses dan menggunakan website dan Layanan Kami, Anda menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan dan segala perubahannya. Syarat dan Ketentuan ini mengatur ketentuan yang berlaku untuk setiap akses dan penggunaan Anda terhadap Layanan TRAC yang tersedia pada website.

    Syarat dan Ketentuan dapat Kami ubah, modifikasi, tambah, hapus, atau koreksi ("Perubahan") sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Kami. Oleh karena itu, Kami sangat menganjurkan Anda untuk mengunjungi situs TRAC secara berkala agar dapat mengetahui adanya perubahan tersebut.

    Syarat dan Ketentuan ini berlaku menggantikan semua versi sebelumnya, terhitung sejak versi ini diunggah ke situs TRAC.
     

  • Ketentuan Umum

    Ketentuan Penggunaan

    1. Apabila CUSTOMER menggunakan Kendaraan tanpa layanan Pengemudi dari TRAC, maka berlaku ketentuan-ketentuan penggunaan Kendaraan sebagai berikut :
      1. Pengguna Kendaraan (user) wajib :
        1. berperilaku tertib; dan/atau
        2. mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan.
      2. Pengguna Kendaraan (user) wajib mengemudikan Kendaraan dengan wajar dan penuh konsentrasi.
      3. Pengguna Kendaraan (user) wajib mematuhi ketentuan rambu perintah atau rambu larangan, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, gerakan lalu lintas, berhenti dan parkir, peringatan bunyi dan sinar, kecepatan maksimal atau minimal.
      4. Pengguna Kendaraan (user) dan penumpang wajib menggunakan sabuk keselamatan.
      5. Pengguna Kendaraan (user) dilarang mengemudikan Kendaraan melebihi batas kecepatan paling tinggi yang ditetapkan secara nasional dan/atau berbalapan dengan kendaraan lain.
    2. Tindakan-tindakan penggunaan Kendaraan tidak wajar oleh CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user) yang menimbulkan kerugian, kerusakan, dan beban biaya yang tidak ditanggung oleh Asuransi (unclaimable), atau suatu keadaan kahar, atau kerugian dan kerusakan perlengkapan Kendaraan, atau kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh Kendaraan yang tidak ditanggung oleh Asuransi (unclaimable), adalah sebagai berikut :
      1. Tindakan penggunaan kendaraan tidak wajar yang dilakukan oleh CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user) yang menimbulkan kerugian, kerusakan, biaya atas Kendaraan dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga :
        1. Kendaraan digunakan untuk :
          1. menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain, memberi pelajaran pengemudi;
          2. turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa;
          3. melakukan tindak kejahatan;
        2. penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya, baik yang dilakukan oleh CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user) maupun ketika CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user) menjadi korban atas tindakan yang dilakukan oleh pihak lain;
        3. perbuatan jahat yang dilakukan oleh :
          1. CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user) sendiri;
          2. suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung pengguna Kendaraan (user);
          3. orang yang disuruh CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user), bekerja pada CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user), orang yang sepengetahuan atau seizin CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user);
          4. orang yang tinggal bersama pengguna Kendaraan (user);
          5. pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai dari CUSTOMER, jika CUSTOMER merupakan badan hukum.
        4. kelebihan muatan dari kapasitas Kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan. :
        5. disebabkan oleh tindakan sengaja CUSTOMER dan atau pengguna Kendaraan (user), termasuk namun tidak terbatas pada
          1. Kendaraan dilarang melewati jalanan dengan genangan air diatas 20 cm (dua puluh centimeter);
          2. Apabila Kendaraan melewati permukaan jalan rusak/berlubang, kecepatan maksimum yang diijinkan adalah tidak melebihi 10 km/jam (sepuluh kilometer per jam);
          3. Kendaraan tidak diijinkan untuk dibenturkan atau ditabrakkan dengan sengaja kepada objek padat lain;
          4. Pengguna Kendaraan (user) dilarang dengan sengaja merusak fungsi elektrikal maupun mekanikal Kendaraan.
        6. pada saat terjadinya kerugian atau kerusakan, Kendaraan dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
        7. dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan;
        8. dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan;
        9. memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk Kendaraan atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.
      2. Tindakan CUSTOMER dan/atau pengguna Kendaraan (user) membawa suatu benda atau zat atau lainnya yang menimbulkan kerugian dan atau kerusakan Kendaraan atau biaya yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh :
        1. barang atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk, dibongkar dari atau diangkut oleh Kendaraan;
        2. zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam Kendaraan;
      3. Suatu peristiwa dan/atau kejadian yang terjadi diluar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan yang menimbulkan kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh :
        1. kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkit rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;
        2. gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya;
        3. reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.
      4. Kerusakan, kerugian dan/atau kehilangan terhadap perlengkapan-perlengkapan atau dokumen resmi yang melekat pada Kendaraan, adalah sebagai berikut :
        1. kerusakan dan/atau kehilangan terhadap perlengkapan tambahan diluar standar pabrikan dan/atau dealer;
        2. kerusakan pada ban, velg, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain Kendaraan;
        3. kerusakan dan/atau kehilangan terhadap kunci dan atau bagian lainnya dari Kendaraan pada saat tidak melekat atau berada di dalam Kendaraan tersebut;
        4. kerusakan dan/atau kehilangan terhadap perlengkapan yang diakibatkan dari kesalahan dalam penggunaannya;
        5. kerusakan dan/atau kehilangan terhadap Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Keur dan atau surat-surat lain Kendaraan.
      5. Kerusakan atau kehilangan yang menimbulkan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh Kendaraan adalah sebagai berikut :
        1. kerusakan atau kehilangan harta benda yang diangkut, dimuat atau dibongkar dari Kendaraan;
        2. kerusakan jalan, jembatan, viaduct, bangunan yang terdapat di bawah, di atas, di samping jalan sebagai akibat dari getaran, berat Kendaraan atau muatannya.
      6. Kehilangan keuntungan, upah, berkurangnya harga atau kerugian keuangan lainnya yang diderita CUSTOMER.
    3. CUSTOMER wajib memenuhi kewajiban pembayarannya atas biaya sewa serta denda-denda atau kewajiban pembayaran yang timbul sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian.
    4. CUSTOMER berhak untuk menghubungi TRAC untuk pengaturan perawatan dan/atau pemeriksaan secara teratur berdasarkan Buku Standar Pedoman Petunjuk Kendaraan dan wajib menyerahkan Kendaraan kepada TRAC atau bengkel yang ditunjuk TRAC untuk dilakukan perawatan berkala dan/atau reparasi Kendaraan dalam hal Kendaraan memasuki jadwal rutin perawatan dan/atau mengalami kerusakan atau kecelakaan. Apabila CUSTOMER tidak menyerahkan Kendaraan untuk dilakukan perawatan berkala dan/atau reparasi Kendaraan yang memasuki jadwal rutin perawatan sehingga mengakibatkan kerusakan, maka biaya penggantian atas kerusakan tersebut akan dibebankan kepada CUSTOMER.
    5. Dalam hal CUSTOMER melakukan perbaikan yang dibutuhkan Kendaraan sebelum dan/atau pada jadwal perawatan rutin secara berkala di luar wilayah operasional Kendaraan yang mana tidak menjadi wilayah TRAC maupun rekanan bengkelnya berada, CUSTOMER wajib melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada TRAC. Biaya perbaikan dan/atau perawatan berkala yang dilakukan tersebut akan ditanggung oleh TRAC jika TRAC telah menyampaikan persetujuan tertulis atas biaya perbaikan tersebut dengan melampirkan bukti pembayaran resmi dan akan dilakukan pemotongan pembayaran dalam invoice dan/atau dokumen tagihan atas perbaikan dimaksud.
    6. Kendaraan hanya boleh digunakan untuk dan dengan cara sebagai berikut:
      1. Semata-mata untuk hal-hal yang tidak bertentangan dengan hukum;
      2. Mematuhi segala peraturan lalu lintas yang berlaku; dan
      3. digunakan oleh pengemudi yang mampu mengemudikan Kendaraan dengan baik dan memiliki SIM yang masih berlaku; 
      4. Segala resiko dan biaya yang timbul sebagai pelanggaran terhadap ketentuan ini akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab CUSTOMER, termasuk biaya tilang berikut dengan denda tilang yang mungkin timbul selama Periode Sewa Kendaraan.
    7. Apabila STNK hilang atau rusak berat karena kelalaian CUSTOMER atau CUSTOMER terlambat menyerahkan STNK kepada TRAC sehingga mengalami keterlambatan perpanjangan STNK, maka CUSTOMER bertanggung jawab atas biaya penggantian atau pembaruan STNK tersebut termasuk denda yang timbul sebagai akibat dari kehilangan atau kerusakan atau keterlambatan perpanjangan STNK tersebut (apabila ada) dan CUSTOMER tidak mendapatkan mobil pengganti selama pengurusan STNK dimaksud.
    8. Apabila kunci Kendaraan, aksesoris dan/atau perlengkapan Kendaraan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada tape dan/atau tools set hilang atau mengalami kerusakan berat yang timbul sebagai akibat dari kelalaian CUSTOMER, maka biaya penggantian yang timbul akan disepakati terlebih dahulu oleh Para Pihak secara tertulis dan jika dalam jangka waktu 14 Hari Kalender besarnya penggantian belum dapat disepakati Para Pihak, maka CUSTOMER akan sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya penggantian atau perbaikan atas kehilangan atau kerusakan tersebut.
    9. CUSTOMER dengan alasan apapun tidak diperbolehkan mengalihkan atau menyewakan lebih lanjut atau memberikan hak dalam hal ini atau menjadikan Kendaraan sebagai agunan kepada pihak lain.
    10. CUSTOMER tidak boleh melakukan sesuatu perubahan apapun terhadap bentuk semula dari Kendaraan, menambah atau meniadakan perlengkapan sebelumnya dari Kendaraan. Apabila pada saat pengembalian Kendaraan ditemukan perubahan, penambahan atau peniadaan perlengkapan dari Kendaraan sebelumnya, maka CUSTOMER wajib merubah ke bentuk semula dari Kendaraan atau mengembalikan perlengkapan sebelumnya dari Kendaraan.
    11. CUSTOMER wajib memberitahu TRAC bila terjadi hal-hal sebagai berikut:
      1. Bila CUSTOMER bermaksud untuk mengganti nama dan/atau alamat;
      2. Apabila ada pihak ketiga, tanpa suatu alasan yang jelas yang mengatasnamakan TRAC tanpa didukung oleh surat perintah atau surat jalan resmi, bermaksud untuk mengambil Kendaraan untuk suatu tujuan mengambil Kendaraan secara melawan hukum.
      3. Apabila terjadi kehilangan, pencurian, penipuan atau klaim dari pihak ketiga berkenaan dengan Kendaraan;
      4. Apabila ada sesuatu perubahan di dalam tujuan utama menggunakan Kendaraan.
    12. CUSTOMER dilarang keras menggunakan Kendaraan untuk balapan, rally atau kampanye politik, tindak kejahatan dan/atau perbuatan melawan hukum atau untuk sesuatu tujuan selain dari tujuan domestik dan sosial dan dilarang pula membawa penumpang dengan tujuan komersial.
    13. CUSTOMER wajib memberikan salinan (fotokopi) Surat Izin Mengemudi (selanjutnya disebut “SIM”) dan nomor telepon dan/atau telepon genggam pengguna Kendaraan (user) apabila Kendaraan yang disewa CUSTOMER tidak menggunakan layanan Pengemudi.
    14. CUSTOMER dilarang keras mengemudikan Kendaraan diluar kesadaran akibat pengaruh obat bius atau alkohol dan/atau mengemudikannya di luar jalan yang wajar dan/atau layak untuk dilalui.
    15. Jika Kendaraan disimpan di bawah penguasaan CUSTOMER, maka CUSTOMER wajib menyimpannya di tempat yang layak dan aman sesuai dengan standar kelayakan dan keamanan yang ditentukan TRAC.
    16. Selama Periode Sewa, Customer bertanggung jawab atas segala tindakan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh Customer dan/atau user selama menggunakan Kendaraan, termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran biaya tilang, denda dan biaya lainnya yang timbul atas tilang tersebut.
    17. Jika terdapat CUSTOMER atau user dari CUSTOMER yang melakukan pelanggaran lalu lintas, maka TRAC akan menyampaikan informasi mengenai pelanggaran lalu lintas dimaksud kepada CUSTOMER.
    18. Selanjutnya CUSTOMER dapat melakukan pembayaran tilang tersebut dalam jangka waktu 5 (lima) hari kalender sejak TRAC menyampaikan pemberitahuan tilang kepada CUSTOMER, pembayaran biaya tilang oleh CUSTOMER dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

     

    Ketentuan Umum Layanan TRAC

    1. Anda bisa melakukan pemesanan/reservasi secara online melalui situs TRAC untuk Layanan rental kendaraan individu (“Personal Rental”). Anda dapat mencari informasi tentang penyewaan kendaraan yang Anda inginkan, melakukan transaksi pemesanan sekaligus pembayaran secara online dengan aman melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran yang tersedia di website Kami.
    2. Untuk menggunakan Layanan reservasi online tersebut, Anda harus terlebih dulu menjadi mendaftarkan diri menjadi member dengan mengisi data diri berupa nama dan alamat email. Lalu, Anda juga wajib melengkapi persyaratan tertentu untuk menggunakan Layanan TRAC.
    3. Khusus Layanan TRAC untuk perusahaan (“Corporate Lease” dan “Astra Fleet Management Solution”) dapat diakses dengan menghubungi langsung cabang TRAC terdekat di kota Anda. Situs TRAC hanya menampilkan informasi detail terkait Layanan yang tersedia untuk kebutuhan perusahaan tersebut. Anda tidak dapat melakukan transaksi reservasi via online untuk jenis-jenis Layanan ini. Silahkan klik tautan ini untuk melihat daftar cabang TRAC.
    4. Layanan Personal Rental (yang di dalamnya terdapat Daily Car Rental, Airport Transfer, dan Bus Rental) secara umum dapat diakses via online selama dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari seminggu; kecuali dalam hal adanya perbaikan, peningkatan atau pemeliharaan pada website Kami.
    5. Meski demikian, reservasi Layanan Personal Rental melalui situs web hanya bisa diakses untuk pemakaian paling cepat satu hari kerja ke depan. Jadi, Anda harus melakukan pemesanan minimal satu hari kerja sebelum hari pemakaian.
  • Ketentuan Penggunaan

    Ketentuan Penggunaan

    1. Website ini dan Layanan yang tersedia di dalamnya dapat digunakan oleh Anda hanya untuk penggunaan pribadi dan atau secara non-komersial serta setiap saat tunduk pada Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi Kami.
    2. Segala informasi (berbentuk teks, foto, video, audio, gambar, logo, ilustrasi lain, ikon, data, software, script, interfaced, dan lainnya) yang terdapat atau terkandung dalam situs TRAC dimiliki oleh Kami dan tidak boleh dipergunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan TRAC, kecuali untuk penggunaan yang secara tegas diijinkan dan diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi Kami.
    3. Kami berhak menarik, mengubah Layanan, informasi atau tampilan situs TRAC demi memberi pelayanan yang lebih baik. Jika dibutuhkan sewaktu-waktu, Kami dapat membatasi akses Anda ke beberapa bagian dari website atau keseluruhan dari Layanan situs TRAC.
    4. Kami berhak mengolah informasi Anda yang tersimpan dalam database Kami sesuai dengan kebijakan yang tercantum dalam Kebijakan Privasi. Dengan menggunakan Layanan Kami, Anda setuju atas pemrosesan tersebut dan menjamin semua data yang diberikan adalah benar.
    5. Apabila penyewa tidak bisa dihubungi dalam periode waktu tertentu dan terdapat hal-hal yang mencurigakan selama masa sewa, maka pihak TRAC berhak melakukan penarikan unit dan membatalkan perjanjian sewa.
  • Asuransi

    Demi keamanan dan keselamatan Anda selama menggunakan layanan TRAC, kami melindungi Anda dengan proteksi asuransi. Syarat dan Ketentuan Asuransi ini bersifat mengikat dan mengatur perihal asuransi yang kami berikan untuk Anda sebagai pelanggan kami, dengan merujuk kepada Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). 

    Semua kendaraan kami telah diasuransikan kepada perusahaan asuransi (selanjutnya disebut sebagai “Pihak Asuransi”) yang ditunjuk oleh TRAC dengan Asuransi Comprehensive sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis asuransi.

    Asuransi ini berlaku untuk semua layanan penyewaan kendaraan TRAC, baik sewa kendaraan dengan pengemudi maupun sewa kendaraan saja, yang cakupan, nominal penggantian, dan lain sebagainya diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

    Asuransi ini bersifat wajib dan melekat bersama layanan kami. Dengan menggunakan layanan TRAC, Anda dianggap telah menyetujui ketentuan asuransi ini. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk membaca secara detail Syarat & Ketentuan Asuransi ini sebelum melakukan pemesanan layanan.

    Proteksi asuransi dimulai ketika Anda sebagai penyewa mulai menggunakan layanan serta kendaraan TRAC, dan otomatis berakhir mengikuti akhir masa sewa Anda.

    Informasi ketentuan umum mengenai asuransi TRAC dapat Anda baca pada halaman syarat & ketentuan asuransi.


     

WhatsApp